SMK Theresiana Semarang Berbagi ; “Mewujudkan MerdekaBelajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”

 SMK Theresiana Semarang Berbagi ; “Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”

Melalui pembelajaran berdiferensiasi, setiap siswa difasilitasi untuk mengembangkan potensi terbaiknya. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa.

Workshop pembelajaran Diferensiasi dengan narasumber Theodora Oktaberti LD, S.Pd ( Wakakur SMK Theresiana ), Christina Puspitasari, M.Pd ( Guru ) dan Asa Dyah Ayu M, S.Pd ( Guru ) berbagi pengalaman penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMK Theresiana Semarang.

Mengapa Pembelajaran Berdiferensiasi perlu diterapkan ? Tujuan pembelajaran berdiferensiasi untuk setiap siswa adalah pertumbuhan maksimum dari posisi belajar mereka saat ini. Tujuan untuk guru adalah semakin memahami tentang posisi belajar tersebut sehingga pembelajaran sesuai dengan kebutuhan murid.


 

 

 

 

 

Diikuti oleh seluruh guru SD-SMP-SMA Sekolah Sekolah Theresiana di Gedung Theater mulai pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB. Setelah pemaparan dari narasumber dilanjutkan dengan latihan membuat modul dan rencana pembelajaran diferensiasi.

“Kata kunci pembelajaran ini adalah kebutuhan murid (Learner’s Necessity). Seorang guru perlu menyesuaikan proses pembelajaran di kelas sebagai usaha memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid, Kami berharap dengan adanya workshop ini, para guru mampu memahami konsep Kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024,”. tandas Drs. Y. Dwi Winarto, M.Kom, selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah – Sekolah Theresiana.

Share With :